Senin, 04 Februari 2013

tips agar blog anda muncul di halaman seo google

Berapa halaman sudah buah karya original artikel sobat... 20, 30, 50 atau lebih 100 post? Adakah yang nangkring di halaman pertama Google search atau search engine lainnya dengan menembak kata kunci tertentu? Jika dari 50 postingan dan katakanlah 10 persen (5 post) saja halaman posting sobat ada yang muncul di halaman pertama google, itu pertanda bagus untuk perkembangan blog sobat. Itu berarti sobat sudah pinter dalam hal SEO, hehehe.
Tidak perlu di nomor 1, di halaman pertama saja sudah membuka peluang blog sobat menjadi ramai kunjungannya. Dalam tutorial kali ini saya hanya akan berbagi trik bagaimana cara membuat artikel atau postingan bisa muncul di halaman pertama google.

Menurut saya ada faktor teknis / utama dan non teknis / bawaan yang perlu di perhatikan oleh seorang blogger.


1. Isi artikel jangan hasil duplikasi alias copy paste. Di era google panda dan penguin jangan pernah berharap tulisan copas bisa muncul di halaman pertama google. Bisa saja artikel copas muncul mengalahkan artikel aslinya, tapi ini perlu teknik SEO yang saya yakin tidak semua orang bisa menguasainya, termasuk saya.

2. Buat tulisan dengan kepadatan keyword yang tinggi tapi harus sesuai dengan kaidah SEO dan jangan berlebihan, saya sarankan 2% - 3% dari seluruh isi postingan. Berkali-kali sudah saya katakan buat variasi kata buka dengan cara mengulang kata-kata yang itu saja. Misalnya kata memasang diulang nantinya dengan kata menambahkan, kata mengatasi bisa di variasi dengan kata mengobati. Menjual divariasikan dengan kata menawarkan namun jangan lepaskan juga kaidah tata bahasa yang baik.

3. Perhatikan Bounce rate. Bounca rate merupakan sebuah indikasi blog kita berkualitas atau tidak dimata google. Caranya...? buat pengunjung bertahan lama saat membaca artikel blog, salah satu caranya ialah membuat panjang artikel dan informatif dan dengan begitu pengunjung dengan sukarela menyukai atau share artikel kita di facebook atau social network lainnya, buat ringan loading blog misalnya dgn mengurangi widget-widget yang kurang penting.

4. Buat internal link yang menautkan ke halaman lain postingan blog kita sendiri. Tentunya harus sesuai dengan anchor text. Internal link bisa dibuat di posting blog maupun diluar posting blog. Internal link berguna untuk memberikan backlink gratis kepada artikel lain yang mungkin sepi kunjungan atau SERPnya masih jauh di belakang. Internal link juga bermanfaat untuk mengecilkan alexa rank.

5. Blog dengan pagerank tinggi dan alexa yang kecil tidak menjamin postingan berada di halaman pertama google search. Namun backlink dari web ber Pagerank tinggi bisa mendongkrak posisi artikel kita di Google SERP (katanya master master SEO siiih) tapi ane pernah coba kok. Saat ini banyak blogger pemula yang belum mengetahui teknik berkomentar agar artikel blognya mendapat backlink.

6. Maksimalkan SEO on page, mengapa? Pada item no 5, saya katakan bahwa backlink cukup berpengaruh terhadap posisi artikel di SERP Google, namun artikel dengan backlink 0 pun bisa muncul dihalaman pertama asal SEO on Page nya bagus. Teknik SEO on Page itu antara lain, masukkan kata kunci di alt image tag (klik properties pada gambar yang dimasukkan pada postingan blog), Pakai deskripsi penelusuran saat membuat artikel, perhatikan Permalink post, bedakan sedikit antara judul blog dengan permalink, tujuannya untuk memperkaya keyword. Membuat judul artikel juga jangan sembarangan.

7. Edit artikel sobat yang lemah di hasil pencarian Google. Google menyukai artikel fresh, fresh bukan berarti  artikel baru dibuat namun artikel lama pun bisa di bilang fresh jika kita edit seperlunya dengan beberapa penambahan kata kunci. Teknik ini bisa lakukan jika postingan blog sepi kunjungan ataupun bukan berasal dari kunjungan organik.

8. Terus cari backlink gratis ke beberapa web directories dan social bookmarking.

Di atas hanya beberapa tips yang menurut saya cukup mudah dilakukan oleh blogger pemula sekalipun, namun jangan langsung berharap, artikel muncul di halaman pertama. Bagaimanapun namanya SEO sebenarnya adalah hal yang mudah, tapi itu butuh waktu berbulan-bulan dan ketelatenan jika kita mau belajar sendiri, beda jika mau membayar orang, hehehe. Ada yang bilang udah gak perlu SEO lagi sekarang, tapi untuk muncul dihalaman pertama bukankah perlu SEO? Oke Silakan kalau ada yang mau menambahkan Salam Super Gaptek.

1 komentar: