Rabu, 06 Februari 2013

MASSA DAN RAPAT MASSA ( MS1 )


MASSA DAN RAPAT MASSA ( MS1 )

       I.            SASARAN BELAJAR.
Dapat menggunakan neraca teknis dengan benar.
a.       Dapat mencari keseimbangan neraca.
b.      Dapat mengungkann hasil pengukuran dengan angka berarti sesuai  dengan ketelitiannya.
c.       Dapat menentukan rapat massa dengan mengukur volume dan massa.
    II.            KEGIATAN BELAJAR.
1.         Pelajarilah hokum archimides bahkan bacaan dapat dicari sendiri, misalnya : buku mekanika dalam seri Fisika dasar TPB, karangan Sutrisno atau buku lain yang anda gunakan di SMA.
2.         Pertanyaan awal.
Sebuah benda ditimbang diudara beratnya 20 newton. Bila ditimbang dengan seluruh benda tercelup air, beratnya 15 Newton. Berapakah rapat massa benda tersebut, bila berat massa air = 1000 Kg/m3.
3.         Alat-alat yang dipergunakan.
a.    Neraca teknis dengan anak timbangan.
b.    Gelas ukur.
c.    Zat cair yang akan digunakan.
4.         Pelaksanaan.
Menggunakan Neraca.
Dalam keadaan tidak digunakan, neraca selalu dalam keadaan istirahat, lengan neraca tidak dapat bergoyang karena tertopang. Untuk dapat membuat lengan neraca bergoyang lengan itu harus dinaikan datii topangannya dengan memutar tombol yang menaik dan menurun. Kita mulai dnegan neraca dalam keadaan istirahat.

Amatilah neraca sudahkah alas neraca itu benar-benar mendatar........................................ ( 1 )
Hal ini nampak pada untung-unting penyinat datar yang melengkapi neraca tersebut. Upayakan agar alas neraca itu benar-benar mendatar putarlah tombol agar lengan neraca terangkat dari topangannya. Seimbangkan lengan itu…………………………………….. ( 2 )
Keseimbangan ini ditandai oleh ayunan jarum penunjuk yang cenderung berayun setangkup terhadap titik nol ( jadi tidak benar bila menunggu jarum sampai berhenti ). Bila belum seimbang kearah manakah lengan berjungkit? Istirahatkanlah kembali lengan itu, kemudian putarlah sekrup penyimbang ( diujung lengan ) sedemikian untuk menyimbangi jungkitannya. Ikhtiarkanlah agar keseimbangan lengan benar-benar tecapai……………………………. ( 3 )
Penimbang selalu dimulai dengan neraca dalam keadaan istirahat. Timbanglah gelas ukur kosong, demikian caranya : letakan gelas ukur itu dipinggan kiri, sedangkan anak timbangan ( yang jumlahnya kira-kira sesuai ) dipinggan kanan. Naikkan lengan neraca dan amati keseimbangannya. Bila belum seimbang kemanakah lengan berjungkit? Istirahatkanlah kembali neraca lalu tambahkan atau kurangi jumlah anak timbangan ( anak timbangan selalu hanya dipinggan kanan ) sedemikian untuk mencapai keseimbangan. Bila keseimbangan telah tercapai, catatlah nilai anak timbangan, selesaikanlah penimbangan gelas ukur itu……… ( 4 )
Dengan cara yang sama, timbanglah gelas ukur berisi zat cair yang akan digunakan……. ( 5 )
Berapa volume zat cair dalam gelas ukur?........................................................................... ( 6 )
Jadi berapa rapat massanya?………………………………………………………………. ( 7 )



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar