MASSA DAN RAPAT MASSA ( MS1 )
I.
SASARAN BELAJAR.
Dapat
menggunakan neraca teknis dengan benar.
a. Dapat
mencari keseimbangan neraca.
b. Dapat
mengungkann hasil pengukuran dengan angka berarti sesuai dengan ketelitiannya.
c. Dapat
menentukan rapat massa dengan mengukur volume
dan massa.
II.
KEGIATAN BELAJAR.
1.
Pelajarilah hokum
archimides bahkan bacaan dapat dicari sendiri, misalnya : buku mekanika dalam
seri Fisika dasar TPB, karangan Sutrisno atau buku lain yang anda gunakan di
SMA.
2.
Pertanyaan awal.
Sebuah benda ditimbang
diudara beratnya 20 newton. Bila ditimbang dengan seluruh benda tercelup air,
beratnya 15 Newton.
Berapakah rapat massa benda tersebut, bila berat
massa air =
1000 Kg/m3.
3.
Alat-alat yang
dipergunakan.
a. Neraca
teknis dengan anak timbangan.
b. Gelas
ukur.
c. Zat
cair yang akan digunakan.
4.
Pelaksanaan.
Menggunakan Neraca.
Dalam keadaan tidak
digunakan, neraca selalu dalam keadaan istirahat, lengan neraca tidak dapat
bergoyang karena tertopang. Untuk dapat membuat lengan neraca bergoyang lengan
itu harus dinaikan datii topangannya dengan memutar tombol yang menaik dan
menurun. Kita mulai dnegan neraca dalam keadaan istirahat.
Amatilah
neraca sudahkah alas neraca itu benar-benar mendatar........................................
( 1 )
Hal
ini nampak pada untung-unting penyinat datar yang melengkapi neraca tersebut.
Upayakan agar alas neraca itu benar-benar mendatar putarlah tombol agar lengan
neraca terangkat dari topangannya. Seimbangkan lengan itu…………………………………….. ( 2 )
Keseimbangan
ini ditandai oleh ayunan jarum penunjuk yang cenderung berayun setangkup
terhadap titik nol ( jadi tidak benar bila menunggu jarum sampai berhenti ).
Bila belum seimbang kearah manakah lengan berjungkit? Istirahatkanlah kembali
lengan itu, kemudian putarlah sekrup penyimbang ( diujung lengan ) sedemikian
untuk menyimbangi jungkitannya. Ikhtiarkanlah agar keseimbangan lengan
benar-benar tecapai……………………………. ( 3 )
Penimbang
selalu dimulai dengan neraca dalam keadaan istirahat. Timbanglah gelas ukur
kosong, demikian caranya : letakan gelas ukur itu dipinggan kiri, sedangkan
anak timbangan ( yang jumlahnya kira-kira sesuai ) dipinggan kanan. Naikkan
lengan neraca dan amati keseimbangannya. Bila belum seimbang kemanakah lengan
berjungkit? Istirahatkanlah kembali neraca lalu tambahkan atau kurangi jumlah
anak timbangan ( anak timbangan selalu hanya dipinggan kanan ) sedemikian untuk
mencapai keseimbangan. Bila keseimbangan telah tercapai, catatlah nilai anak
timbangan, selesaikanlah penimbangan gelas ukur itu……… ( 4 )
Dengan
cara yang sama, timbanglah gelas ukur berisi zat cair yang akan digunakan……. (
5 )
Berapa
volume zat cair dalam gelas
ukur?...........................................................................
( 6 )
Jadi
berapa rapat massanya?………………………………………………………………. ( 7 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar